<

Cara Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ Super Mudah

Cara Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++, Bagi kalian programmer pemula adalah terlebih dahulu harus mengetahui tentang cara penulisan Hello World karena hal tersebut merupakan langkah awal untuk menjadi seorang programmer profesional.

Daftar Isi

  1. Apa Itu C++
  2. Sejarah Singkat C++ (CPP)
  3. Cara Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ Super Mudah
  4. Fungsi & Penjelasan Source Code Program Hello World
  5. 1. #include <iostream>
  6. 2. using namespace std;
  7. 3. int main (){...}
  8. 4. cout<<"Hello World";
  9. 5. return 0;
  10. Kesimpulan

Hello World sendiri memiliki arti yaitu halo dunia, dan kata ini sangat erat kaitannya bagi yang baru belajar program semua baik itu Html, C, C+, C++, Java, atau Python pasti hal yang pertama yang akan diajarkan itu pasti tentang bagaimana cara menampilkan tulisan hello world. tapi jangan salah berawal dari tulisan Hello World kita dapat membuat suatu program yang lebih rumit.

Apa Itu C++

C++ ialah bahasa pemrograman pc yang di buat oleh( Bjarne Stroustrup) ialah pertumbuhan dari bahasa C dibesarkan di Bell Labs( Dennis Ritchie) pada dini tahun 1970- an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa tadinya, ialah B, Pada awal mulanya, bahasa tersebut dirancang selaku bahasa pemrograman yang dijalankan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gambar Blogger Tidak Dapat Diakses

Kelebihan bahasa pemrograman C++ yang terakhir merupakan sokongan terhadap bermacam berbagai platform yang tumbuh di dunia. Bahasa pemrograman ini ialah bahasa yang sangat portable, sehingga bisa digunakan buat meningkatkan aplikasi buat segala fitur yang melaksanakan sistem pembedahan yang berbeda- beda.

Sejarah Singkat C++ (CPP)

Bahasa pemrograman C++ dirintis semenjak tahun 1979 oleh Bjarne Stroustrup, seseorang ilmuwan Computer asal Denmark. Pengembangan bahasa C++ termotivasi dari riset tesis Phd yang tadinya sempat dikerjakan Stroustrup.

Pada dikala itu, Stroustrup tertarik dengan bahasa Simula yang sangat gampang dipakai buat pembuatan aplikasi skala besar. Varian bahasa Simula, ialah Simula 67 dikira selaku bahasa pemrograman awal yang mempraktikkan konsep pemrograman berbasis object.

Baca Juga: 12 Penyedia Vps Hosting Gratis Terbaik

Hendak namun bahasa Simula dikira sangat lelet buat pemakaian tiap hari. Di sisi lain terdapat pula bahasa BCPL yang sangat kilat tetapi kurang sesuai buat pembuatan aplikasi besar.

Kala bekerja di laboratorium industri AT&amp;T Bell Labs, Bjarne Stroustrup mempunyai permasalahan di pengembangan sistem pembedahan UNIX. Pada dikala itu dia teringat tesis yang dahulu dikerjakan serta mau menerapkannya ke dalam bahasa C. Pemilihan bahasa C sebab telah lumayan terkenal serta pula di eksekusi dengan kilat. Terlebih sistem pembedahan UNIX pula terbuat memakai bahasa C.

Baca Juga: Web Hosting Gratis Yang Cocok Untuk Blog Percobaan

Kesimpulannya pada tahun 1982 Bjarne Stroustrup mulai menaikkan fitur- fitur baru ke dalam bahasa C, paling utama sokongan class supaya bahasa C dapat memakai paradigma object oriented programming( pemrograman berbasis object). Stroustrup termotivasi dari bahasa Simula serta pula bahasa pemrograman lain semacam ALGOL 68, Terdapat, CLU and ML.

Bahasa baru ini diucap selaku C++ yang diambil dari operator increment”++”. Operator increment biasa di gunakan dalam bahasa pemrograman buat menaikkan nilai variabel sebanyak 1 angka. Dengan demikian C++ pula berarti suatu akumulasi dari bahasa C standar. 

Cara Membuat Hello World di Bahasa C++ dengan Dev C++ Super Mudah

Hello World Untuk membuat tulisan ini diperlukan software untuk menjalankannya misalnya Dev C++ Dan dll.

  1. Hal yang pertama yang perlu kalian lakukan ialah membuka Dev C++, di PC, Laptop, Notebook, atau perangkat dekstop lainnya.
  2. Langkah selanjutnya ialah dengan membuat program baru dengan klik file pada pojok kiri atas, klik New, dan Source file. atau jika tidak ingin ribet ribet cukup klik ctrl + n untuk membuat file baru.
  3. Ketik program Source Code dengan menuliskan kode dibawah ini.
    #include <iostream>
    using namespace std;

    int main (){
    //sourcecode untuk menampilan Hello world
    cout << "Hello World";
    return 0;
    }
  4. Setelah menegtikkan kode diatas cobalah untuk menekan compile run pada kanan atas.
  5. Maka kalian aan memunculkan dialog agar menyimpa sebelum compile, untuk cara simpannya cukup mudah yakni dengan ctrl + S agar tersimpan.
  6. Setelah itu tentukan dimana destinasi atau tempat penyimpanan file tersebut.
  7. Setelah mengklik save akan muncul tombol compile hasil yang akan memunculkan kode "Hello Wolrd" Pada layar anda.
  8. Selesai selamat mencoba.

Nah begitulah cara penulisan Hello World diDev C++ dalam bahasa C++ selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja fungsi dari kode diatas, jangan sampai kalian tau cara penulisan Hello World tapi tidak tau fungsi fungsi dari kode tersebut.

Fungsi & Penjelasan Source Code Program Hello World

Sekarang kita akan membahas tentang apa saja fungsi kode yang telah kita buat diatas.

1. #include <iostream>

Pada baris pertama kita mengetikkan kode #include <iostream> lalu apakah sebenarnya fungsi dari kode tersebut, kode #include <iostream> sendiri berfungsi sebagai baris preprosesor yang digunakn untuk menampilkan file header (Library) iostream ketika program baru compile. Ketika suatu kode diawali dengan #(tagar) itu merupakan sebuah kode yang berguna untuk preprosesor, Preprosesor sendiri berfungi untuk memberitahukan compiler untuk melalukan sesusatu sebelum melakukan kompilasi.

Baca Juga: Cara Membuat Form Biodata Sederhana Dengan Html

Preprocessor #include Berfungsi untuk memberitahukan kompiler untuk mengincludekan library iostream, dimana library iostream pada Bahasa C++ mempunyai fungsi agar standar input output (Pada Bahasa C yang menggunakan stdio.h). Salah satu isi iostream yaitu untuk menggunakan statement Cin, Endl dan Cout.

#include <iostream>

2. using namespace std;

Pada Baris kedua itu memberitahukan kepada compiler kompulasi sources code atau program yang kita akan ketik dengan menggunakan Standar C++ Library. Penulisan kode "using namespace std;" mempunyai fungsi untuk melakukan penulisan code langsung tanpa menuliskan std;, Hal ini disebabnya, pada iosteam C++ melakukan pembungkusan yang rapat semua sehingga fungsi input output dalam namespace std. Jika anda tidak melakukan menuliskan "using namespace std;", maka sources code harus ditulisakan std; atau bisa lihat dibawah ini.

using namespace std;

3. int main (){...}

Kode ini bertujua untuk meyatakan bahwa bagian ini merupakan pembagian yang paling utama, Subuah program/source code yang menggunakan bahasa pemprograman C/CPP seharusnya mempunyai sebuah main (Fungsi Utama). Int main merupakan sebuah kode fungsi awal yang berfungsi saat program dimulai (dijalankan), fungsi tersebut berarti bahwa untuk memanggil atau menjalankan funsi lain, fungsi fungsi lain tersebut itu harus dipanngil lewat int main (), atau fungsi main(). penulisan "main" didepan dinamakan sebagai "return type“ yang dimana tipe return / keluarannya  itu berupa nilai integer.

Baca Juga: Cara Buat FAQ Html Di Blogger

Lalu simbol "{" dan "}" Berarti bahwa scope dalam kode dimana isi dari scopenya adalah isi dari fungsi main(). Jadi saat fungsi main() dipanggil maka isi yang ada pada scopelah yang akan dieksekusi.

int main (){...}

4. cout << "Hello World";

Jika peritntah cout ini  Merupakan sebuah statement dalam C++. Pernyataan inilah yang akan mempengaruhi terhadap hasil eksekusi dalam suatu program yang dibuat. Statement pada contoh ini kita menggunakan (cout) yang menyatakan membuat tulisan “HelloWorld” pada tampilan. "cout" bisa berjalan lancar jika terdapat file header / library "iostream". jika kalian belum yakin bisa coba, dengan dapat membuktikannya dengan menghilangkan "#include <iositream>" dan coba perhatikan apa yang akan terjadi?

 cout << "Hello World";

5. return 0;

Retun 0; ini adalah hasil keluaran dari fungsi int main() ialah 0. Dalam C++, return 0 dalam int main() juga bisa diartikan juga sebagai program berakhir dengan normal.

 return 0;

Kesimpulan

Bagaiman sudah paham tentang cara penulisan "Hello World" ingan kode diatas jangan dipaste tetapi kaharus anda ketik bukan bermaksud untuk menyulitkan, hal ini untuk membuat anda terbiasa dengan cara pengetikan program dan sehingga bisa membuat program yang lebih rumit baik itu aplikasi mobile, dekstop atau yang lainnya.