6 Cara Menjadi Bug Hunter Pemula

Cara menjadi bug hunter pemula, menjadi seorang hacker tampaknya sangat keren bisa meretas sebuah sistem seperti situs web. untuk menghack suatu website apalagi website website pastinya tidaklah mudah karena pasinya sebelum itu pastilah ada tim yang akan mengecek dan meguji sebuah sistem tersebut.

Orang yang menguji tersebutlah yang sering kita sebut denga bug hunter, bug hunter sendiri berfungsi untuk mentes atau mencari bug pada suatu sistem. dan menjacari kesalahan kesalahan yang ada memang sih semua sistem tidak ada yang aman pastinya semua sistem memiliki sebuah celah keamanan.

Fungsi dari bug hunter sendiri bukan untuk menghilangkan semua bug atau kesalahan, karea yang seperti yang admin katakan diawal bahwa tidak ada satu pun sistem yang aman, kita ambil contoh website polri dengan alamat polri.go.id beberapa waktu yang lalu sempat mengalami penyerangan oleh para hacker brasill.

Hacker terebut menemukan celah keamamana pada website polri nah bgai mana agar tingkat penyerangn tersebut diminimalisir, yaitu dengan meggunakan bug hunter untuk mencari celah sistem sehinnga tidak mudah utuk direts oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lebih Lengkap Tentang Bug Hunter?

Bug Hunter atau sering juga disebut sebagai program bug bounty adalah seseorag yang mencari sebuah bug atau celah keamanan pada suatu sistem baik itu sistem aplikasi, webisite dan dll. hal ini bertujuan untuk hal ini untuk menerima laporan, pengakuan, kompensasi, terhadap suatu bug.

Lalu apa keuntungan anda menjadi seorang bug hunter, jelas banyak sekalikeutungan yag akan anda dapatkan jika anda berniat menjadi seorang bug hunter. karena bughuter sendiri banayak sekali dibutuhkan oleh perusahaan bahkan instansi pemerintahan untuk mencari celah kemanan sehingga dapat diatasi yaah pastinya ada cuannya dong.

Cara Menjadi Bug Hunter Pemula

untuk menjadi seorang bug huter tidak mudah dan tidak susah juga yang pentig ada keinginanan, karena bisa dibilang asik juga bila kita memmang memiliki minat yang kuat dalam mempelajarinya antara lai sebagai berikut:

1. Mengatahui Komputer Dasar

Mudah saja jika kita membahas hacker dan tidak mengetahui tentang komputer dasar, gak lucu bukan jika kalian ingin menjadi hacker tapi gak tau tentang komputer dasar. banyak yang mengatakan bahwa bisa dengan menggunakan aplikasi android yaitu termux. Ingat walaupun termux biisa kalian gunakan tetapi termux tidaklah fleksibel dalam artian gak semua dapat kalain lakukan,.

Jika kalian ingin belajar komputer sekali kali bisalah untuk ke warnet (warung internet) agar paham sedikit, yaah minimal jika kalian sudah punya perangkat dekstop sendiri entah itu laptop atau komputer kalian sudah tau ingin melakukan apa.

2. Menguasai OS (Sistem Operasi) Linux

Linux adalah keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang pada dasarnya dibangun di atas kernel Linux, yaitu sebuah kernel sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2.

Secara teknis, Linux dapat merujuk pada kernel-nya itu sendiri. Sebuah Linux yang dilengkapi dengan komponen-komponen perangkat lunak lainnya disebut distribusi Linux. Beberapa orang, terutama dari anggota Yayasan Perangkat Lunak Bebas (FSF) seperti Richard Stallman, merujuk pada "koleksi" ini sebagai "GNU/Linux" karena banyak alat-alat yang digunakan untuk menunjang utilitasnya berasal dari Proyek GNU milik FSF. Hal ini memunculkan kontroversi terkait nama tersebut.

Distribusi-distribusi Linux yang populer meliputi Linux Mint, Manjaro Linux, MX Linux, Debian, Ubuntu, Fedora, dan Elementary OS. Distribusi Linux untuk tujuan komersial meliputi Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux. Wikipedia

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh linux ialah sebagai pengguna kita dapat mengedit atau melalukan perubahan pada OS (sistem operasi) tanpa melalkukan pelanggaran berbeda dengan windows yang dimiliki oleh microsoft kita sebagai penggua tidak boleh asal edit karena bisa saja kita terkna copyright atau os yang kita lalukan perubahan rentang terhadap virus. 

Berbeda halnya dengan linux kita dapat menyeting os semau kita dan terdapat banyak sekali software yang dapat membntu kita dalam aktifitas acking termasuk bug hunter, bahka linux sendiri anti terhadap virus namun bukan berarti virus tidak ada padalinux melainkan ada cuman menurut sistem sendiri itu tidak mengancam perangkat dan seringkali linux digunakan sebagai os peembuat virus dan bisa disebarkan pada os lainya seperti windows, ada banyak sekali jenis linux seperti Linux Mint, Manjaro Linux, MX Linux, Debian, Ubuntu, Fedora, dan Elementary OS. Distribusi Linux untuk tujuan komersial meliputi Red Hat Enterprise Linux dan SUSE Linux dan admin sendiri dalam kegiatan sehari hari menggunakan kali linux dan juga linux debian.

3. Memahami Bahasa & Sturuktur Bahasa Pemrograman

Bahasa pemprograman atau yang sering kita sebut dengan bahasa komputer adalah bahasa yang digunakan untuk memerintah atau menjalankan sistem pada komputer ataupun hanephone. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu susunan dari aturan sintaks yang semantik dan dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Oleh sebab itu tidak mudah untuk memepelajari bahasa pemprograman dibutuhkan ketelitian didalamnya karena sedikit saja kode yag salah maka program bisa saja error dan tidak bisa dijalankan bahasa pemprograman pun sama denga manusia ada bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jawa, bahasa bugis, dan dll dalam bahasa pemprograman juga kita harus menguasai dan memahami betul tentang bahasa pemprograman adapan bahaa yang wajib diketahui oleh seorang program bug bounty ialah seperti html, javascript, css, php, bash shell, python, c, c++, dan masih banayk lagi.

4. Mengetahui Enkripsi Dan Dekripsi

Enkripsi merupakan proses teknis yang mengonversikan data jadi kode rahasia, sehingga mengaburkan informasi yang Kamu kirim, terima, ataupun simpan. Pada dasarnya, suatu algoritme digunakan buat mengacak informasi, saat sebelum pihak penerima menyatukan kembali informasi yang diacak tersebut memakai kunci dekripsi. 

Dekripsi merupakan kebalikan dari enkripsi ialah mengganti kembali wujud tersamar tersebut jadi data dini. Pada proses enkripsi ada sebagian metode yang bisa digunakan serta mempunyai tingkatan kekuatan dan kecepatan serta kelemahan dalam proses enkripsi tertentu.

Adapun tipe tipe enkripsi sebagai beikut:

  • Base 32
  • Base 64
  • HSA 256
  • MD4
  • MD5
  • RC4

Yang pastiya semua hal diatas harus terpenuhi salah satu fungsi dari mempelajari dan mengetahui enkripsi ialah untuk mengetahui kombinasi username & password.

5. Berpartisipasi Dalam Capture The Flag

Capture the Flag merupakan salah satu tipe dari kompetisi hacking yang dimana mewajibkan seseorang/ regu buat mengambil suatu file/ string yang telah dirahasiakan sistem yang dimana diucap dengan sebutan“ Flag”. Berbeda dari lomba yang lain semacam competitive programming yang dimana alatnya disediakan oleh panitia, Partisipan CTF umumnya hendak dimohon buat bawa perlengkapan( laptop/ perlengkapan yang lain) sendiri serta diperbolehkan mempersiapkan script- script/ programnya yang telah terdapat dari waktu saat sebelum pertandingan.

Banyak event- event global yang telah menyorot CTF selaku salah satu kompetisi yang prestige, salah satu event yang ternama merupakan DEFCON yang teratur diadakan di lasvegas, serta SECCON yang teratur diadakan di jepang. Buat menggapai babak final, semacam pada kompetisi yang lain, partisipan hendak dilombakan di babak eliminasi secara online. Yang bila lolos hendak ditandingkan kembali di final.

Buat jenis Capture the Flag sendiri terdapat bermacam berbagai, terdapat yang tipenya jeopardy, yang dimana jeopardy ini memakai server buat menaruh soal, yang dimana soalnya dapat berupa website exploitation, reverse engineering, binary exploitation, forensic, cryptography, steganography, serta lain lain dengan tujuan yang senantiasa sama ialah mencari string/ flag yang dirahasiakan oleh server.

Buat jenis yang lain terdapat Attack and Defense( War) yang dimana tiap- tiap partisipan/ regu hendak diberikan virtual machine/ image server. Yang nantinya partisipan hendak dimohon menghardening sistem tersebut selamat periode waktu tertentu( fase bertahan), kemudian nantinya hendak masuk ke fase berikutnya ialah fase menyerang

yang dimana para competitor hendak silih meyerang satu sistem dengan yang yang lain. Yang tujuan memperoleh pointnya dapat berbeda, dapat dengan memperoleh flag pula. Ataupun dapat dihitung dari waktu downtime yang dirasakan oleh competitor yang lain.( jadi pemenang dihitung dari waktu uptime server paling banyak). Bisa melalui link berikut.

6. Memahami Kritikal Bug

Bug/celah adalah keamanan pada suatu website/aplikasi dengan tujuan untuk mendapatkan reward tertentu, bug juga bisa menjadi masalah yang yang besar apabila tidak diatsi dengn cepat sebab dapat menjadi bagi para hacker untuk melakukan aktivitas hacking.

Kesimpulan

Dalam menjadi bug hunter atau bug bounty tidaklah mudah namuan jika dibarengi dengan berusaha dan mau belajar bukan tidak munkin anda akan menjadi seorang bug hunter yang profesional, karena hampir semua perbuatan harus dibarengi dengan usah kalo gak mau berusaha lebih baik berenti saja dari sekarang dari pada berenti ditengah jalan.

wassalam.....

0 Response to "6 Cara Menjadi Bug Hunter Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel